Zaman yang berlangsung pada akhir Pleistosen yaitu semenjak 10.000 tahun sebelum Masehi hingga sekarang….

Zaman yang berlangsung pada akhir Pleistosen yaitu semenjak 10.000 tahun sebelum Masehi hingga sekarang….

Jawab :

Menurut teori Geologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pembentukan bumi secara keseluruhan, proses perkembangan bumi di bagi menjadi empat tahapan yaitu.

  1. Masa Arkaekum adalah masa tertua yang diperkiran terjadi 2,5 Miliar tahun yang lalu. Pada masa ini, keadaan bumi masih labil, menyerupai gumpalan bola gas, dan kulit bumi masih dalam proses pembentukan. Selain itu belum ada tanda-tanda kehidupan hal ini karena temperatur bumi memang masih sangat tinggi.
  2. Masa Paleozoikum berlangsung sekitar 500-245 juta tahun yang lalu. Kondisi bumi sudah lebih stabil, meski belum secara menyeluruh. Secara berangsur, temperatur bumi mendingin dan mulai terlihat adanya tanda-tanda kehidupan berupa makhluk bersel satu atau yang lebih dikenal nama Mikroorganisme. Selanjutnya muncul hewan sejenis ikan tak berahang, hewan amfibi dan beberapa jenis tumbuhan ganggang. Oleh karena itu, masa ini dinamakan pula dengan zaman primer.
  3. Masa Mesozoikum disebut juga zaman sekunder (zaman kehidupan kedua) ini diperkirakan berlangsung sekitar 245-65 juta tahun yang lalu. Bumi sudah semakin stabil. Mulai muncul beragam hewan bertubuh besar, seperti berbagai jenis hewan reptil, dinousaurus, dan gajah purba atau mamut.
  4. Masa Neozoikum dibedakan menjadi dua zaman yaitu zaman tersier dan kuarter.
  • Zaman Tersier berlangsung sekitar 60 juta yang lalu. Hal terpenting pada zaman ini adalah munculnya jenis primata, seperti kera.
  • Zaman Kuarter di bagi ke dalam dua kala, yaitu kala Pleistosen/Diluvium, dan Holosen/Aluvium. Zaman Pleistosen disebut juga sebagai Zaman Diluvium atau zaman es. Sebab, pada masa ini keadaan bumi tidak stabil dan es di kutub berulang kali meluas hingga menutup sebagian besar benua Asia, Amerika, dan Eropa bagian utara. Periode ini disebut dengan zaman glasial. Sementara jika suhu panas naik, maka es tersebut akan mencair dan permukaan air laut juga menjadi naik. Masa tersebut disebut sebagai zaman interglasial. Zaman glasial dan interglasial saling silih berganti hingga berlangsung selama kurang lebih 600.000 tahun. Sedangkan Zaman Holosen atau Alluvium berlangsung kira-kira 10.000 tahun lalu sampai sekarang. Pada periode ini telah hidup Homo Sapiens atau manusia yang cerdas. Oleh karena itu, kebudayaan sebagai ciptaan manusia mengalami perkembangan dan kemajuan luar biasa.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Zaman Holosen.

 

Dijawab Oleh : Kunjaw