Sebutkan kelebihan dan kekurangan masa orde lama!

Pertanyaan

Sebutkan kelebihan dan kekurangan masa orde lama!

Jawab :

Kelebihan orde baru ialah Indonesia berhasil merebut dan mempertahankan kemerdekaan, berhasil merebut kembali Irian Barat, pelopor KAA, dan pelopor GNB. Sedangkan kekurangannya ialah situasi politik tidak stabil karena banyak pergantian kabinet, munculnya sistem demokrasi terpimpin, pertentangan ideologi NASAKOM, dan banyak terjadi penyimpangan UUD 1945 dan pancasila.

Yuk pahami penjelasan berikut.

Kelebihan sistem pemerintahan orde lama, diantaranya adalah :
1. Indonesia berhasil merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Pada awal kemerdekaan Indonesia, Belanda berusaha datang dan menguasai kembali wilayah Indonesia. Namun Indonesia berhasil merebut dan mempertahankan kembali Indonesia melalui berbagai bentuk perlawanan, perundingan dan perjanjian.
2. Indonesia berhasil merebut kembali Irian Barat dari Belanda melalui jalur diplomasi dan militer.
3. Indonesia menjadi pelopor diadakannya Konferensi Asia Afrika
4. Indonesia menjadi pelopor Gerakan Non-Blok
Tidak hanya KAA, pada masa pemerintahan Orde Lama, Indonesia juga menjadi pendiri Gerakan Non-Blok. GNB (Gerakan Non-Blok) adalah kumpulan negara-negara yang tidak ingin berpihak pada blok tertentu pada saat Perang Dingin. Indonesia melalui Presiden Soekarno beserta keempat pemimpin lainnya mendirikan gerakan ini.

Kekurangan sistem pemerintahan orde lama, diantaranya adalah:
1. Situasi politik yang tidak stabil yang dapat terlihat dari banyaknya pergantian kabinet yang mencapai 7 kali pergantian kabinet.
2. Munculnya Sistem Demokrasi Terpimpin.
Sistem demokrasi terpimpin dilaksanakan sejak dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 oleh Presiden Soekarno. Sistem demokrasi terpimpin ini terletak pada kekuasaan presiden. Sebelumnya, parlemen memiliki kekuasaan yang begitu luas dalam hal menjalankan pemerintahan dan pengambilan keputusan negara. Sedangkan pada sistem demokrasi terpimpin hanya seorang presidenlah yang memiliki kekuasaan tersebut.
3. Terdapat ideologi yang saling bertentangan baik dari nasionalis, agama, dan komunis (NASAKOM).
4. Terjadinya penyimpangan Pancasila dan UUD 1945 seperti Jabatan presiden seumur hidup, MPRS dan DPR-GR dipilih dan diangkat oleh Presiden, pembubaran DPR hasil pemilu 1955 dan perubahan fungsi Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan perubahan sistem kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer yang melanggar UUD 1945.

Semoga membantu.

Dijawab Oleh : Kunjaw