Sebutkan hal yang menyebabkan terputusnya aliran listrik!

Era globalisasi adalah era kehidupan yang selalu membutuhkan energi listrik untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Listrik memiliki peran yang penting dalam perkembangan teknologi. Tidak dimungkiri bahwa semua bidang sudah didukung dengan perkembangan teknologi yang memanfaatkan energi tistrik. Kehidupan warga dunia saat ini sangat bergantung dengan energi listrik.

Begitu juga dengan masyarakat Indonesia. Banyak pihak yang dirugikan ketika aliran listrik putus atau sering dinamakan “mati lampu” oleh masyarakat Indonesia. Misalnya, pemadaman listrik yang menyebabkan proses produksi sebuah pabrik terganggu. Selain itu, pemadaman listrik juga mengganggu kegiatan belajar-mengajar dan aktivitas rumah tangga, baik siang maupun malam hari .

Pihak PLN sebagai instansi yang mengurusi energi listrik di Indonesia, tidak menginginkan adaliya pemutusan aliran listrik ke pelanggannya. Bahkan, PLN bisa mengalami kerugian saat terjadi pemutusan aliran listrik. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya pemutusan aliran listrik. Sebagai contoh, putusnya aliran listrik disebabkan oleh tersambar petir, pohon tumbang, kerusakan yang disebabkan hewan, pembangunan yang menyebabkan rusaknya jaringan listrik, dan bencana alam. Akan tetapi, tidak semua pemutusan listrik dikarenakan oleh hal-hal tersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan pihak PLN melakukan pemutusan, seperti saat melakukan perbaikan jaringan listrik untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.

Masyarakat yan.g menggunakan energi listrik dari PLN harus ikut berperan untuk menjaga jaringan PLN agar terhindar dari hal yang menyebabkan putusnya aliran listrik. Pihak PLN juga akan selalu menjaga aliran listrik agar terhubung dengan baik. Dengan demikian, terciptalah pemakaian
tenaga listrik yang nyaman dan tertib. (Diolah dari berbagai sumber)

1. Sebutkan hal yang menyebabkan terputusnya aliran listrik!

Jawab :

Kakak bantu jawab ya.

Penyebab terputusnya aliran listrik adalah tersambar petir, pohon tumbang, kerusakan yang disebabkan hewan, pembangunan yang menyebabkan rusaknya jaringan listrik, dan bencana alam, serta saat melakukan perbaikan jaringan listrik untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut.

Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.

Adapun macam-macam informasi sebagai berikut:
1) Informasi tersurat, yaitu informasi yang biasanya sudah tertulis secara langsung dalam suatu teks atau bacaan.
2) Informasi tersirat, yaitu informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks sehingga perlu melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi penting dalam teks di atas sebagai berikut.
1. Membaca judul teks.
2. Membaca teks dengan cermat untuk mengetahui isi teks.
3. Mencatat isi pokok bacaan (adiksimba).

Berdasarkan pemaparan tersebut, penyebab terputusnya aliran listrik adalah tersambar petir, pohon tumbang, kerusakan yang disebabkan hewan, pembangunan yang menyebabkan rusaknya jaringan listrik, dan bencana alam, serta saat melakukan perbaikan jaringan listrik untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Hal ini tertulis secara langsung dalam kalimat berikut.
1) “Sebagai contoh, putusnya aliran listrik disebabkan oleh tersambar petir, pohon tumbang, kerusakan yang disebabkan hewan, pembangunan yang menyebabkan rusaknya jaringan listrik, dan bencana alam.”
2) “Ada beberapa hal yang menyebabkan pihak PLN melakukan pemutusan, seperti saat melakukan perbaikan jaringan listrik untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.”

Dengan demikian, penyebab terputusnya aliran listrik adalah tersambar petir, pohon tumbang, kerusakan yang disebabkan hewan, pembangunan yang menyebabkan rusaknya jaringan listrik, dan bencana alam, serta saat melakukan perbaikan jaringan listrik untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.

Semoga membantu.