Pernyataan yang benar mengenai hukum II Mendel adalah

Pernyataan yang benar mengenai hukum II Mendel adalah ….
A. gen berpisah secara acak saat fertilisasi
B. gen bertemu secara acak saat fertilisasi
C. gen berpisah secara acak saat pembentukan gamet
D. gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet4

Jawaban
Penelitian pertama tentang penurunan sifat dilakukan oleh Gregor Mendel, seorang pendeta dan juga ahli botani dari Austria dengan menyilangkan kacang ercis (kacang kapri) yang memiliki sifat-sifat beragam, pada tahun 1856. Dari sifat-sifat yang muncul pada anakan hasil persilangan dan perbandingan dengan sifat tanaman induk, Mendel memperkenalkan Teori Penurunan Sifat.
Teori yang disusun Mendel dapat dinyatakan dalam Hukum Mendel yaitu:
• Hukum Mendel 1 (Prinsip Segregasi): dalam pembentukan gamet, alel akan terpisah bebas.
• Hukum Mendel 2 (Prinsip Asortasi Bebas): pada kombinasi gamet dalam pewarisan sifat, satu sifat diwariskan dengan tidak tergantung pada pewarisan sifat lain
Dengan kata lain, berdasarkan Hukum Mendel 2, sifat yang diakibatkan satu gen tidak mempengaruhi sifat yang diakibatkan oleh gen lain. Contonya, sifat bunga warna merah hanya dipengaruhi gen pembawa warna (M atau m) dan tidak dipengaruhi gen pembawa sifat bentuk biji (K atau k), demikian juga sebaliknya.
Dengan prinsip ini, maka gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet pada anakan. Sehingga, tanaman dapat menghasilkan anakan dengan gabungan sifat-sifat berbeda, seperti berbiji bulat dengan bunga merah, atau sebaliknya berbiji bulat dengan bunga putih.

 14 total views,  1 views today

Dijawab Oleh : Kunjaw