Pante la gadang artinya apa? Please jawab

Pante la gadang artinya apa? Please jawab

Jawab :

Pante la gadang adalah salah satu istilah kedaerahan dalam Bahasa Indonesia. Terdapat setidaknya dua wilayah yang ditemukan masyarakatnya menggunakan istilah ini yaitu kawasan pesisir Timur Sumatera dan Padang.

Pembahasan Pante la gadang

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan makna dari istilah tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawabnya.

MAKNA ISTILAH

  1. DALAM PERGAULAN MASYARAKAT PESISIR TIMUR SUMATERA, ISTILAH ‘PANTE LA GADANG’ BERMAKNA UNGKAPAN KEKESALAN KEPADA SESEORANG YANG DIANGGAP TERLALU KERAS KEPALA SEHINGGA TIDAK DAPAT DIBERI MASUKAN ATAU SARAN TERKAIT TINDAKAN ATAU PERILAKUNYA.
  2. DALAM PERGAULAN MASYARAKAT PADANG, ISTILAH ‘PANTE LA GADANG’ BERMAKNA ORGAN REPRODUKSI WANITA.

Kata “Pant#k” adalah kata kotor yang digunakan untuk menunjukan kemarahan, kekesalan, kebencian dan sejenisnya. Ini adalah kata kotor, kata kasar tingkat dewa dalam bahasa minang.

Jika seseorang mengucapkan kata tersebut, sering kali para orang2 tua mengatakan, “tempat kelahiranmu itu jangan disebut2.” Dan dalam kebiasaan kata tersebut selalu disambungkan dengan kata amak (ibu) sehingga sering kita dengar “pant#k amak kau” dan tidak pernah ada yang mengatakan “pant#ek apak kau”.

Pantek itu artinya mem*k. Di pakai untuk Kalimat umpatan atau kata kata kasar. Tapi kata “Pantek” itu bisa juga di gunakan untuk lucu lucuan untuk teman yang sudah akrab. Kurang afdhol rasanya ngelucu tanpa kata “Pantek”. Kata “Pante la gadang” mempunyai makna banyak.

Contoh: “Yo la pantek ang go ma”. Artinya: ” kampret lu”.

Tapi jangan di pakai untuk orang yang lebih tua.karena “Pantek” itu tidak sopan. Dalam lingkup pertemanan boleh di pakai sebagai bentuk ekspresi dari suatu kejadian.alhasil terjafi kelucuan disitu.misalnya menertawakan diri sendiri lalu di bumbui kata “pantek”. Tapi ini hanya pantas untuk laki laki. Perempuan di anggap tidak pantas mengucapkan kata “pantek”.

Pante la gadang
Pante la gadang

Ucapan tersebut merupakan kata kotor. Apabila diartikan secara harfiah , meruapakan alat kelamin perempuan.

Dalam pergaulan sehari-hari , alangkah sangat tidak sopan mengucapkan kata itu terutama kepada orangtua . Konotasinya, apabila kita sudah mengucapkan itu kepada seseorang, berarti kita sudah tidak menaruh rasa hormat lagi kepada orang tersebut.

Akan sangat berbeda apabila diucapkan dengan teman sebaya yang sudah sangat akrab. Hal itu mungkin tidak akan menimbulkan masalah.

Kata ini menurut saya tidak memiliki arti yang jelas, tetapi kata ini memiliki makna kearah kata-kata kotor yang tidak pantas untuk diucapkan, seperti umpatan, ungkapan kekesalan, dan hinaan..

Kata “pantek” adalah kata umpatan yang berada pada kasta yang paling kasar. Orang Minang akan sebisa mungkin menghindari penggunaan kata tersebut. Soal arti, sampai saat ini saya tidak tahu apa artinya.

Saya tidak tahu apa arti kata “Pante la gadang” dan jika anda tanya sebagian besar orang Minang, belum tentu semuanya tahu. Itu adalah kata umpatan yang paling kasar. Kira-kira setara dengan F*ck dalam bahasa Inggris. Banyak orang yang mengucapkannya tanpa tahu apa arti kata tersebut.

Dalam Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia Balai Bahasa Padang (Pusat Bahasa Depdiknas, 2009), pantek (kata benda) adalah: (1) kemaluan perempuan; puki; (2) umpatan kasar; kata-kata kotor; carut.

KBBI memberikan contoh kalimat, “Tepat di tengah pohon mangga itu terpantek sebuah pisau.” Pada Tesamoko (Tesaurus Bahasa Indonesia) Edisi Kedua (Gramedia, 2016) susunan Eko Endarmoko dan Gerombolan Tesamoko, juga terdapat pantek (bahasa Jawa) dengan sinonim baji, pasak. Memantek; memasak.

Arti pantek dalam bahasa Minangkabau berbeda dengan makna dalam KBBI. Dalam Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia Balai Bahasa Padang (Pusat Bahasa Depdiknas, 2009), pantek (kata benda) adalah:

  1. Kemaluan perempuan; puki.
  2. Umpatan kasar; kata-kata kotor; carut.

Dulu saya tahu kata ini dari teman saya yang berasal dari padang

Yang artinya adalah, kemaluan wanita

Kata-kata ini biasanya dipakai untuk mengumpat (kalau teman saya dulu sih begitu), tapi selain dari itu ya saya kurang begitu tahu. Kita hanya sesama mahasiswa yg saling mengenal satu sama lain dg mengajarkan bahasa2 umpatan dari daerah masing2.

Menurut KBBI
Pantek Artinya paku, semat.

Sedangkan Menurut bahasa Minang sendiri
Pantek artinya adalah makan bareng.

Contoh Kalimatnya jadi begini :
“Oi Kanciang, Masi iduik juo ang baru?? Pantek amak ang!!”

Artinya :
Wahh Keren, Kamu baru gajian ya?? Ajak aku makan bareng dong!!

“walaupun kadang sering juga saya dengar kalau itu artinya sejenis kata umpatan yang berarti alat V***L Ladies (ini menurut netizen), yang jelas artinya tiap daerah bisa berbeda-beda”.

Dijawab Oleh : Kunjaw