Meskipun sempat terlibat dalam pemberontakan Permesta, Alexander Evert Kawilarang merupakan salah satu tokoh yang berperan penting dalam upaya memperjuangkan keutuhan bangsa. Jelas­ kan perjuangan Alex Kawilarang dalam perjuang­an mempertahankan keutuhan bangsa!

Meskipun sempat terlibat dalam pemberontakan
Permesta, Alexander Evert Kawilarang merupakan
salah satu tokoh yang berperan penting dalam
upaya memperjuangkan keutuhan bangsa. Jelas­
kan perjuangan Alex Kawilarang dalam perjuang­an mempertahankan keutuhan bangsa!

Jawab :

Alexander Evert Kawilarang pernah ditugaskan untuk menumpas pemberontakan dari mantan pasukan KNIL yang termasuk di antaranya Andi Azis di Makassar, Sulawesi Selatan.

Nah, agar kamu lebih paham, coba perhatikan penjelasan berikut ini ya,

Dalam usia yang baru menginjak 30 tahun, Kawilarang diangkat sebagai Panglima Operasi Pasukan Ekspedisi pada tanggal 15 April 1950. Ia ditugaskan untuk menumpas pemberontakan dari mantan pasukan KNIL yang termasuk di antaranya Andi Azis di Makassar, Sulawesi Selatan. Pasukan ekspedisi ini terdiri dari beberapa brigade, termasuk yang dipimpin oleh Suharto dan Joop Warouw. Pada tanggal 8 Agustus 1950, pertempuran berhenti setelah terjadi negosiasi antara Kawilarang dan Jenderal Belanda bernama Scheffelaar.

Pada waktu yang sama, Kawilarang juga mengorganisikan kekuatan melawan pemberontakan Kahar Muzakkar dan gerakan separatis Republik Maluku Selatan (RMS). Pertempuran di Maluku lebih sengit karena lawannya adalah mantan tentara KNIL asal Maluku yang tergabung dalam pasukan Green Caps. Pada akhirnya perlawanan dapat ditumpas pada bulan November 1950. Kolonel Slamet Riyadi merupakan salah satu komandan pasukan di bawah Kawilarang yang tewas pada hari terakhir kampanye militer tersebut.

 

Dijawab Oleh : Kunjaw