mengapa Abu Bakar diberi gelar as-Siddiq?

mengapa Abu Bakar diberi gelar as-Siddiq?

Jawab:

Kakak bantu jawab pertanyaannya ya.

Jawabannya adalah karena perkataannya yang benar mengenai peristiwa Isra’ Mi’raj yang diceritakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk para pengikutnya.

Abu Bakar Ash-Shiddiq’ merupakan salah satu Khulafaur Rasyidin atau pengganti pemimpin setelah Nabi Muhammad SAW meninggal. Nama asli Abu Bakar adalah Abdullah bin Abi Quhafah at-Tamimi. Beliau merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW sejak usia remaja.

Beliau merupakan khalifah Islam pertama setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Tepatnya sejak tahun 632 hingga tahun 634 M. Abu Bakar Ash-Shiddiq’ diangkat menjadi khalifah oleh kaum Anshar dan kaum Muhajirin di Saqifah Bani Sa’idah berdasarkan hasil musyawarah.

Sejak kecil beliau memiliki sifat yang jujur, lemah lembut, dan sabar. Pada saat Abu Bakar menceritakan kebenaran mengenai peristiwa Isra’ Mi’raj yang diceritakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk para pengikutnya, beliau diberi gelar Ash-Shiddiq’ oleh Nabi Muhammad SAW yang memiliki arti “yang berkata benar”. Sehingga semenjak saat itu ia dikenal dengan nama Abu Bakar Ash-Shiddiq’.

Maka dapat disimpulkan bahwa Abu Bakar diberi gelar Ash-Shiddiq’ karena perkataannya yang benar mengenai peristiwa Isra’ Mi’raj yang diceritakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk para pengikutnya.

Semoga membantu ya.

Dijawab Oleh : Kunjaw