kenapa angsa tidak tengelam di saat Ia berenang

kenapa angsa tidak
tengelam di saat
Ia berenang

Jawab:

Angsa tidak tenggelam di air karena angsa memiliki bentuk tubuh yang menyesuaikan dengan tempat tinggalnya. Angsa memiliki kelenjar minyak pada bulunya yang bersifat hidrofobik (tidak larut air). Bulu – bulu hidrofobik menyebabkan air tidak menembus angsa sekaligus bulu – bulu tersebut menjebak udara di sekitarnya sehingga angsa dapat mengapung di air. Selain itu angsa juga dilengkapi kaki dengan selaput sehingga memudahkan untuk berenang di air.

Angsa memiliki bentuk tubuh yang menyesuaikan dengan tempat tinggalnya dan merupakan salah satu bentuk adaptasi morfologi. Adaptasi pada makhluk hidup dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

1. Adaptasi Morfologi (bentuk fisik)
Merupakan bentuk adaptasi penyesuaian bentuk dan struktur tubuh sesuai lingkungan. Misalnya angsa memiliki kelenjar minyak pada bulu – bulunya sehingga dapat mengapung di air dan kaki berselaput untuk memudahkan berenang.

2. Adaptasi Fisiologi
Merupakan bentuk adaptasi yang melibatkan fungsi organ tubuh, misalnya pupil manusia akan melebar dan menyempit menyesuaikan intensitas cahaya. Misalnya hewan ruminansia seperti sapi dan kambing memiliki enzim selulase untuk memecah rumput-rumputan.

3. Adaptasi tingkah laku
Merupakan bentuk adaptasi dimana makhluk hidup menyesuaikan tingkah lakunya sesuai lingkungan yang ditempati. Misalnya bunglon yang melakukan mimikri di setiap tempat yang ditempati.

Semoga membantu! semangat!

Dijawab Oleh : Kunjaw