Berikan contoh bukti bahwa rasul Allah SWT tidak mungkin bersifat kitman!

Berikan contoh bukti bahwa rasul Allah SWT tidak mungkin bersifat kitman!

Jawab:

Jawaban yang benar adalah rasul memiliki sifat wajib yaitu amanah yang artinya menyampaikan jadi tidak mungkin rasul memiliki sifat kitman. Rasul bertugas untuk menyampaikan wahyu yang ia terima dari malaikat Jibril kepada umatnya.

Yuk simak penjelasan berikut.

Rasul adalah para nabi utusan Allah yang bertugas untuk menyampaikan wahyu yang ia terima dari malaikat Jibril kepada umatnya. Setiap rasul memiliki sifat wajib dan sifat mustahil. Adapun sifat wajib bagi rasul di antaranya adalah sidiq, amanah, tabligh, dan fatonah. Salah satu sifat mustahil Rasul adalah kitman. Al-kitman artinya menyembunyikan. Rasul Allah mustahil memiliki sifat ini sebab setiap rasul diamanahkan wahyu yang tidak mungkin disembunyikan kepada umatnya. Hal ini dijelaskan dalam Q.S Al-An’am ayat 50.

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ ۚ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ ۚ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ
Artinya :
Katakanlah (Muhammad), Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang di wahyukan kepadaku. Katakanlah, Apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya).

Dengan demikian, contoh bukti bahwa rasul Allah SWT tidak mungkin bersifat kitman adalah >> rasul memiliki sifat wajib yaitu amanah yang artinya menyampaikan jadi tidak mungkin rasul memiliki sifat kitman. Rasul bertugas untuk menyampaikan wahyu yang ia terima dari malaikat Jibril kepada umatnya.

Semoga membantu.

Dijawab Oleh : Kunjaw