Ayah pergi ke Jambi ketika adik masih tidur.

Pertanyaan
Ayah pergi ke Jambi ketika adik masih tidur.

Contoh frasa dalam kalimat itu adalah ….

Jawab:

Jawaban
contoh frasa dalam kalimat tersebut adalah ke jambi dan masih tidur. space
Pembahasan
Frasa dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang berupa gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif atau tidak memiliki predikat dan memiliki satu makna gramatikal atau makna yang dapat berubah-ubah sesuai dengan konteks.

Ciri-ciri Frasa:

  1. Terdiri dari dua kata atau lebih.
  2. Memiliki satu makna gramatikal.
  3. Frasa tidak memiliki predikat atau bersifat nonpredikatif.
  4. Menduduki atau memiliki suatu fungsi gramatikal pada kalimat.

Berdasarkan jenisnya, frasa dibagi menjadi 6:

  1. Frasa Preposisional (frasa depan). Frasa yang memiliki kata depan atau adanya preposisi sebagai petunjuk atau unsur penjelas yang diikuti oleh kata atau kelompok kata, yang bukan merupakan klausa, yang berdiri sebagai penanda. Contohnya, dari sana, di sekolah, ke arah timur, kepada guru, Yang terhormat, dan lain-lain.
  2. Frasa Verbal (frasa kerja). Frasa yang distribusi inti dari frasa tersebut adalah kata kerja atau menduduki fungsi kata kerja atau menggantikan kata kerja pada kalimat. Frasa verbal atau frasa kerja dapat ditambahkan “sedang” untuk kata kerja aktif dan kata “sudah” untuk menyatakan keadaan. Contohnya, sedang sakit, akan tiba, baru datang, tidak tidur,dan lain-lain.
  3. Frasa Adverbial (frasa keterangan). Merupakan frasa yang distribusi intinya adalah kata keterangan atau menduduki fungsi kata keterangan atau menggantikan kata keterangan pada kalimat. Contohnya, tidak biasanya.
  4. Frasa nominal. Merupakan frasa yang distribusi intinya adalah kata benda atau kedudukan nya menduduki fungsi kata benda atau menggantikan kata benda pada kalimat. Contohnya sepatu kaca, rumah baru, mobil mewah, dan lain-lain.
  5. Frasa Adjektiva (frasa sifat). Frasa yang distribusi inti dari frasa tersebut adalah kata sifat atau menduduki fungsi kata sifat atau menggantikan kata sifat pada kalimat. Frasa adjektiva atau frasa sifat dapat ditambahkan imbuhan “ter-” untuk mewakili kata paling. Contohnya, tersulit, sangat panas, paling pintar, mahal sekali, sangat cepat, dan lain-lain.
  6. Frasa numeralia (frasa bilangan). Frasa yang distribusi intinya adalah kata bilangan atau kedudukannya menduduki fungsi kata bilangan atau mengganti kan kata bilangan pada kalimat. Contohnya, satu ekor, lima ikat, dua jenis, dan sebagainya.
    Berdasarkan pengertian, ciri, dan jenis frasa di atas, maka frasa yang terdapat pada kalimat pada ilustrasi adalah ke jambi ( frasa preposisional) masih tidur (frasa verbal).

Dengan demikian, contoh frasa dalam kalimat tersebut adalah ke jambi dan masih tidur.

Dijawab Oleh : Kunjaw