Apa yang Anda ketahui tentang Candi Borobudur

Pertanyaan
Apa yang Anda ketahui tentang Candi Borobudur

Jawab:

Jawaban
Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Candi ini bercorak Buddha dan saat ini telah diakui UNESCO sebagai salah satu situs Warisan Dunia.

Pembahasan
Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra sekitar abad ke-8 Masehi. Candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi yang bercorak agama Buddha Mahayana. Candi Borobudur diperkirakan selesai dengan menghabiskan waktu 75 – 100 tahun lebih dengan memiliki 1460 relief dan 504 stupa. Candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki tiga tingkatan dalam bangunannya, yaitu sebagai berikut.

  • Kamadhatu adalah tingkatan terbawah dari Candi Borobudur yang menggambarkan mengenai alam dunia yang dialami oleh manusia sekarang dengan berbagai sifat dan nafsu manusia.
  • Rupadhatu merupakan tingkatan tengah dari Candi Borobudur yang menggambarkan bahwa manusia sudah mulai meninggalkan segala bentuk keinginan duniawi walaupun masih terikat dengan dunia nyata.
  • Arupadhatu adalah tingkatan teratas dari Candi Borobudur yang menggambarkan mengenai kehidupan Sang Buddha telah sampai pada puncak kesempurnaan karena telah meninggalkan kehidupan duniawi untuk mencapai pencerahan.

Pada abad ke-14, pengaruh kerajaan Hindu-Buddha di Jawa semakin melemah dengan masuknya agama Islam. Hal ini membuat Candi Borobudur ditinggalkan. Candi bersejarah ini mulai diselamatkan dan dipugar pada masa pemerintahan Sir Thomas Stamford Raffles, seorang Gubernur Jenderal Inggris di Jawa pada tahun 1814. Setelah beberapa kali dipugar, akhirnya Candi Borobudur dapat diakui dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Dengan demikian Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Candi ini bercorak Buddha dan saat ini telah diakui UNESCO sebagai salah satu situs Warisan Dunia.

Dijawab Oleh : Kunjaw