Apa kegunaan dari alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, dan ester?

Pertanyaan

Apa kegunaan dari alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, dan ester?

Jawab:

Pembahasan
Alkohol dapat dimanfaatkan sebagai pelarut organik, pelarut cat, bahan pelembut; eter dapat dimanfaatkan sebagai obat bius, pendingin, zat aditif pada bensin; aldehid dapat dimanfaatkan untuk memproduksi resin, zat warna, obat-obatan; keton dapat dimanfaatkan sebagai cairan pembersih cat kuku, pelarut lilin, bahan wewangian dalam sabun; asam karboksilat dimanfaatkan mengumpulkan latek, pembuatan selulosa dalam industri rayon, pembuatan sabun; ester dimanfaatkan sebagai essence pada makanan dan minum, cat/pelapis mobil dan mebel, bahan pembuatan mentega.

Senyawa turunan alkana adalah senyawa alkana yang atom H-nya diganti oleh gugus lain. Kegunaan senyawa turunan alkana adalah sebagai berikut:

  • Alkohol merupakan senyawa turunan alkohol yang memiliki gugus hidroksi (-OH). Alkohol dapat dimanfaatkan sebagai pelarut organik, pelarut cat, bahan pelembut, bahan dasar industri serat sintesis, bahan baku pembuatan obat sintesis, bahan kosmetik, dan lain-lain.
  • Eter merupakan senyawa turunan alkana yang dilambangkan dengan R-O-R. Eter dapat dimanfaatkan sebagai obat bius, pendingin, zat aditif pada bensin, dan lain-lain.
  • Aldehid merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi -COH. Aldehid dapat dimanfaatkan untuk memproduksi resin, zat warna, obat-obatan, dan lain-lain.
  • Keton merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboksil (C = O) dalam rantai karbon. Keton dapat dimanfaatkan sebagai cairan pembersih cat kuku, pelarut lilin, bahan wewangian dalam sabun, zat anestesi, dan lain-lain.
  • Asam karboksilat merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi -COOH. Asam karboksilat dimanfaatkan mengumpulkan latek, pembuatan selulosa dalam industri rayon, pembuatan sabun, dan lain-lain.
  • Ester merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki memiliki rumus R-COO-R’. Ester dimanfaatkan sebagai essence pada makanan dan minum, cat/pelapis mobil dan mebel, bahan pembuatan mentega, dan lain-lain.

Dijawab Oleh : Kunjaw